Tanya Jawab Seputar Masalah Terbesar
Dalam Kehidupan Manusia 22
Pertanyaan :
Mohon guru bermaitri karuna memberi
ceramah, di Taiwan banyak orang yang mengusulkan memberi ceramah pada saat
melakukan upacara pelimpahan jasa pada almarhum saat menjelang ajalnya atau
setelah wafat, memberi ceramah pada almarhum dan musuh kerabat penagih hutang
masa kelahiran lampaunya; tetapi ada juga yang mengusulkan tidak perlu berceramah,
sepatah Amituofo dilafal berkesinambungan tanpa terputus, mohon guru bermaitri
karuna menceramahkan hal ini, cara mana yang benar.
Master Chin Kung Menjawab :
Pada saat seseorang belum menghembuskan nafas
terakhir, andaikata dokter sudah tidak berdaya lagi melanjutkan pengobatan, pada
saat begini sepatah Amituofo sangat penting, berceramah malah akan menyela atau
memotongnya, tidak boleh. Kecuali kalau dia bilang melihat sanak keluarganya
yang sudah wafat, atau musuh kerabat penagih hutang masa kelahiran lampaunya,
atau melihat Buddha dan Bodhisattva, maka harus mengatakan padanya agar jangan
mempedulikannya, sepatah Amituofo dilafal berkesinambungan tidak terputus,
hanya menceramahkan sebait kalimat ini saja.
Jika dia sudah menghembuskan nafas terakhir, ketika
berada di Antarabhava (keadaan peralihan antara saat menghembuskan nafas
terakhir dengan kelahiran kembali) boleh memberi ceramah, sebaiknya ceramah
yang sederhana dan langsung ke pokok pembahasannya, yakni menuntunnya agar
terlahir ke Alam Sukhavati, pasti harus mengingatkannya agar pergi mengikuti
Buddha Amitabha dan jangan ikut dengan orang lain. Pada saat begini ceramah jangan
menitikberatkan pada teori-teori, karena takutnya dia malah akan berjalan
menyimpang, harus mengembalikannya pada jalan yang benar, ini sangat penting!
問: 請老法師慈悲開示,台灣有很多人主張臨終或者已經往生的超薦要開示,對亡者跟他的冤親債主開示;有的人主張不必開示,一句佛號念到底,請老法師慈悲開示,哪一種方式比較如法。
答:人在沒有斷氣之前,若醫生放棄治療了,這個時候一句佛號重要,開示叫打閒岔,不可以。如果他說看到死亡的親人來,或冤親債主來,或者看到什麼佛菩薩,就一定要跟他講不要理會,一句佛號念到底,就這一句開示。如果他已經斷氣了,在中陰身是可以開示,以簡單扼要的開示為好,都是要誘導他求生淨土,一定要交代他跟著佛走不要跟別人走。這個時候開示不在於講道理,而是怕他路走偏了,要把他修正過來,這點很重要!21-250-0001