Tanya Jawab Seputar Masalah Terbesar
Dalam Kehidupan Manusia 09
Pertanyaan
:
Aliran Tao tidak melafal Amituofo, malah
melafal “daun pohon”, menjelang ajal berubah menjadi tubuh terang dan pergi, apakah
dengan demikian juga bisa terlepas dari roda samsara, atau terlahir ke Negeri
Buddha? Jika tidak terlahir ke Negeri Buddha, sesungguhnya kondisi batin apa
yang dicapai oleh mereka, dan mereka akan terlahir di sorga tingkatan berapa?
Master Chin Kung Menjawab :
Jika praktisi Aliran Tao cuma melafal “daun pohon”
juga bisa terlepas dari roda samsara dan terlahir ke Negeri Buddha, maka Buddha
Sakyamuni takkan datang ke dunia ini lagi. Mengapa demikian? Kalian sudah punya
cara untuk terlepas dari roda samsara dan keluar dari Trailokya (Kama Loka,
Rupa Loka dan Arupa Loka), maka Buddha tak perlu datang lagi ke dunia; namun
justru masalah kalian tidak mampu kalian selesaikan sendiri, barulah Buddha
harus datang memberi bantuan.
Jika kebanyakan melafal daun pohon, maka kelak diri
sendiri akan menjadi daun pohon. Ke mana tempat yang dituju? Menjadi Dewa
Pohon. Segala sesuatu tercipta dari pikiran, melafal apa maka menjadi apa, ini
adalah aturan yang pasti.
Maka itu, aliran itu tidak sebanding dengan Aliran
Dhyana, Aliran Dhyana tidak meninggalkan jejak atau kesan di dalam pikirannya,
sedangkan Aliran Tao cara melatih dirinya adalah meninggalkan jejak atau kesan
di dalam pikirannya, meskipun mereka juga dapat mencapai “pikiran terfokus tak
tergoyahkan” versi mereka sendiri, tetapi makna dan kondisi batinnya tidak sama
dengan “pikiran terfokus tak tergoyahkan”
seperti yang tercantum dalam “Amitabha Sutra”, hal ini harus dipahami.
Pepatah berkata : “Makin banyak yang diketahui
makin banyak kerisauan, makin banyak mengenal orang makin banyak gosipnya”, masalah
ini tidak ada kaitannya dengan kita, tidak perlu kita ketahui. Jika anda ingin
bertanya praktisi Tao itu sampai dimana kondisi batinnya, lalu terlahir di surga
tingkatan berapa, ini harus melihat taraf ketekunannya.
Meskipun orang ini sepanjang hidupnya tidak berbuat
jahat, tetapi tidak memupuk kebajikan, maka kondisi batinnya dan ke mana tempat
yang akan ditujunya kelak, juga takkan begitu tinggi, ini bisa kita bayangkan.
問:道家不持佛名,專念樹葉子,臨終時化為光體而走,請問是否也能了脫生死,或生到佛國?若沒有生到佛國,請問他是什麼境界,生到哪一層天?
答:如果道家念「樹葉子」也能了脫生死,生到佛國,釋迦牟尼佛就不會到這個世間來了。為什麼?你們有辦法了生死出三界,他就沒有必要來世間;你們的問題無法解決,佛一定要來幫忙。樹葉子念多了,將來自己就變成樹葉子。到哪裡去?作樹神。一切法從心想生,念什麼就變什麼,這是一定之理。所以,它比不上禪宗,禪宗是參究,離心意識參,心裡不落印象。道家這種修行是落印象,雖然也能到一心不亂,但意思、境界與《彌陀經》的一心不亂大不相同,一定要懂得。
古人講:「知事多時煩惱多,識人多處是非多」,這些事情與我們都不相干,無需要知道。如果你真的要問他是什麼境界,生到哪一層天,這要看這個人用功的程度。即使這個人一生不作惡,但沒有修善,他的境界與生處都不會很高,這是能想像到的。21-090-0081