Tanya Jawab Seputar Masalah Terbesar
Dalam Kehidupan Manusia 19
Pertanyaan
:
Seorang praktisi yang dalam kesehariannya
melafal Amituofo, menderita penyakit kritis dan meninggal dunia, apakah dia
dapat terlahir ke Alam Sukhavati?
Master Chin Kung Menjawab :
Kuncinya terletak pada keyakinan dan tekad sendiri.
Master Ou Yi berkata : “Berhasil atau tidaknya seseorang terlahir ke Alam
Sukhavati adalah tergantung ada atau tidaknya keyakinan dan tekad yang
dimilikinya; tinggi atau rendahnya tingkatan bunga teratai yang dicapainya, tergantung
pada dangkal atau dalamnya ketrampilan melafal Amituofo”.
Kita memiliki keyakinan penuh dan tekad bulat,
harus melepaskan semua kemelekatan di dunia ini; jika terhadap dunia ini masih
ada kerinduan, kekhawatiran, maka keyakinannya tidak penuh dan tekad tidak
bulat, tidak hanya hal-hal duniawi harus dilepaskan, bahkan Buddha Dharma juga
harus dilepaskan.
Pintu Dharma dalam Buddha Dharma yang tak terbatas
ini, saya hanya menfokuskan diri pada satu pintu Dharma ini saja, yang lainnya
harus dilepaskan semuanya. Di dalam Avatamsaka Sutra, setiap Bodhisattva
masing-masing hanya melatih satu pintu Dharma saja, maka itu bisa berhasil.
Setelah mencapai pencerahan, tetap masih mendalami
satu pintu Dharma. Menurut teori, setelah mencapai pencerahan, semua pintu
Dharma boleh dipelajari, “Bertekad Mempelajari Pintu Dharma yang tak
terhingga”. Tetapi ketika Mereka mencapai pencerahan, masih tetap melatih satu
pintu Dharma saja, pintu Dharma lainnya tidak dipelajari, ini karena mereka
telah berhasil menguasai semua pintu Dharma lainnya. “Satu sutra berhasil
dikuasai, maka seluruh sutra juga berhasil dikuasai”, inilah alasannya.
問: 一個平時念佛的人病危往生,請問是否能往生西方?
答:關鍵在自己的信願。蕅益大師說:「能否往生,決定在信願之有無;品位高下,決定在念佛功夫之深淺」。我們有真信切願,必須把世間一切都放下;如果對世間還有留戀、牽掛,信就不真,願就不切。真信切願,不但世法放下,佛法也放下。佛法無量無邊的法門,我專修這個法門,其他的統統放下。《華嚴經》上,每位菩薩都是修行一個法門,無量無邊的法門只學一個,其他的統統放下,所以能成功。開悟之後,還是一門深入。理論上講,開悟之後,一切法門都可以修學,「法門無量誓願學」。但我們見到他們開悟之後,還是修一門,其他的法門不學,這是因為全部通達了。「一經通,一切經通」,就是這個道理。21-080-0001